Selasa, 05 Februari 2013

Lebih baik paham dari sekarang

Dari statusnya Om Tere Liye :

Seorang guru pernah menasehati, ada 4 hal kunci hidup lurus dan bahagia:
1. Hidup sederhana
2. Senantiasa bersyukur
3. Mencintai berbuat baik
4. Sering mengingat kampung yg abadi

Cepat atau lambat, semua orang akan paham 4 hal ini. Ada yg paham saat usianya masih muda, ada yg paham se hasta lagi dari maut, benar2 terlambat.


Dari keempat poin diatas, menurut saya yang agak sulit sepertinya perihal bersyukur dan mengingat kematian. Terkadang ketika dalam keadaan berkecukupan seperti ini, sering sekali kita lupa bersyukur dan malah banyak menuntut. Terlebih terkadang masih sering menyesal kenapa dikasih takdir begini dan begitu. Salah satu cara bersyukur, tentunya dengan sering-sering melihat kebawah.


Perihal poin yang ke empat, terkadang saya juga sering lupa bahwa tujuan hidup ini tak lain ialah demi mendapat Ridho Allah SWT. Sering kali kita lupa, ketika disibukkan dengan persoalan dunia, seolah-olah dunia menjadi tujuan hidup. Padahal sejak dari SD juga kita sudah diajarkan oleh guru agama bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan sebagai tempat persinggahan.


Selain dari keempat poin diatas, ketika saya bersedih dan kecewa, saya hanya ingat satu hal bahwa hidup ini hanya sementara. Suata saat kita akan berpindah alam. Segala kekecewaan pasti akan ada akhirnya. Dunia memang tempat merasakan sakit dan derita. Zona perjuangan yang hanya sementara. Ada tempat abadi yang bernama syurga dimana tak ada sakit, perih dan rasa sedih. Dan itulah balasan bagi orang-orang yang senantiasa beriman dan taqwa kepada Allah SWT. Semoga kita semua kelak akan dikumpulkan dalam jannah-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar